Address
Jl. Alhidayah,(sasak) no 102 Kec. Cipondoh, Tangerang Kota
Phone
085226373031
Email
nedesain@gmail.com

6 Ide Membuat Apartemen Kecil Terasa Lebih Luas dan Cerah

Diterbitkan Rabu, 24 April 2024

Kebanyakan apartemen memiliki ruang atau lahan yang terbatas. Bahkan, apartemen kecil terasa berantakan, sumpek, serta gelap.

Hal ini tentu membuat tak nyaman, tidak leluasa bergerak, serta menjadi tantangan saat menata dan mendekorasinya. 

Solusi terbaik yang dapat dilakukan dengan ruang terbatas adalah membuat ruangan terasa lebih besar dan cerah.

Hal ini dapat dicapai dengan menghindari beberapa hal seperti penggunaan furnitur yang besar, terlalu banyak aksesori dekoratif, dan pencahayaan yang tidak memadai.

Nah, mengutip dari My Decorative, Kamis (6/1/2022), berikut enam ide membuat apartemen kecil terasa lebih luas dan cerah.  

Cat dinding dengan warna putih

Dinding putih bukan hanya tren untuk ruang yang bersih dan cerah, tetapi juga merupakan trik desainer untuk membuat ruangan terasa lebih terbuka.

Dengan memadukan cat putih halus dengan warna-warna alami pada furnitur, dapat membuat apartemen terasa lebih luas tanpa mengorbankan kehangatan nuansa bersahaja.

Saat memilih warna, gunakan palet netral seperti kulit cokelat, kayu, dan tekstur anyaman sambil mempertahankan aksen warna-warni yang terkandung dalam karya seni serta dekorasi.

Merangkul cahaya alami

Penggunaan warna jendela putih tipis yang sederhana memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke apartemen sehingga membuat ruangan tampak lebih cerah.

Selain itu, gunakan tirai ipis atau tirai anyaman yang masih memberikan banyak privasi tanpa membuat ruangan gelap. Ini sangat penting untuk jendela yang menghadap ke selatan dan barat yang menerima cahaya paling alami. 

Buat visual tinggi

Jika plafon apartemen rendah, pilihlah lampu gantung putih yang tidak akan mengacaukan ruangan secara visual. 

Menambahkan ketinggian visual menarik perhatian untuk membuat area terasa lebih besar tanpa menciptakan lebih banyak ruang hidup. Karena lampu ini menyatu dengan plafon, membuat ruangan terasa lapang dari atas ke bawah

Refleksikan dengan cermin

Trik desainer interior tahan lama lainnya adalah penggunaan cermin besar pada ruang kecil. Dengan memantulkan cahaya alami ke seluruh ruangan, cermin besar dengan cerdik membuat ruang tampak lebih besar saat bekerja pada ruangan dengan cahaya redup.

Di ruang tamu ini, Jessica Nelson Design mencocokkan hasil akhir cermin perapian dengan meja kopi untuk kesan elegan serta seragam. 

Pencahayaan berlapis

Pencahayaan berlapis menggabungkan pencahayaan overhead atau di atas kepala dengan lampu setinggi mata seperti lampu sconce dan lampu meja yang unik.

Anda bisa menggunakan lampu dekoratif seperti lampu berbentuk bola di berbagai tingkat untuk menciptakan daya tarik visual.

Sebuah lampu globe menerangi sudut-sudut ruangan yang lebih gelap, sementara liontin gantung dan cermin besar memberi perhatian pada plafon yang tinggi. 

Buat area multifungsi 

Keterbatasan ruang menjadi kendala utama tinggal di apartemen kecil seperti tidak memiliki ruang kerja sendiri. 

Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa menciptakan area multifungsi. Cobalah membuat ruang makan dan kantor serbaguna dengan aksesori serta penyimpanan cerdas.

Sebuah sudut di sudut ruang tamu dapat berfungsi sebagai meja makan keluarga atau bangku kerja yang nyaman. Lampu gantung dan bantal yang rimbun mencerahkan area sambil tetap berfungsi untuk penggunaan banyak hal. 

sumber : kompas

Butuh Bantuan?